Cari Blog Ini

Kamis, 01 Desember 2011

Makalah Microprocessor Intel Core i3


MAKALAH
MICROPROCESSOR INTEL CORE I3





Disusun oleh  :
Mika Resmita (080501072)


FAKULTAS MATEMATIKA dan ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS MEGOW PAK TULANG BAWANG
2011


KATA PENGANTAR

Dengan mengucap puji syukur alhamdulillah kepada allah swt, yang telah memberikan rahmat, hidayah serta inayahnya sehingga kami dapat menyesaikan makalah ini sebagai salah satu tugas dari mata kuliah Microprocessor, yang penulis beri judul : “  Microprocessor Intel Core I3 “.

Kami selaku penulis berharap, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi setiap  pembaca dan khususnya  bagi penulis sendiri.

Atas segala petunjuk dan bimbingan yang dengan tulus diberikan kepada penulis dalam rangka penulisan makalah, maka dengan ini penulis ucapakan terima kasih kepada :
1.      Bapak Hendta Sinata, ST. selaku bosen mata kuliah Microprocessor
2.      Temen-teman kelompok yang ikut serta dalam pembuatan makalah ini.

Penulis sadar dalam penulisan ini mungkin bnyak kekurangan dan kesalahan, maka kritik, saran dan petunjuk dari berbagai pihak sangat penulis harapkan dan penulis terima dengan lapang dada.





Menggala,       November 2011
Penyusun







BAB I
PENDAHULUAN
A.    A. Latar Belakang
Processor merupakan bagian sangat penting dari sebuah komputer, yang berfungsi sebagai otak dari komputer. Tanpa processor komputer hanyalah sebuah mesin yang tak bisa apa-apa. Pekembangan processor dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang begitu cepat bahka para pioner seperti Intel dan AMD selalu bersaing. Banyak sejarah-sejarah yang dialami processor-processor Intel sebelum Processor tersebut menjadi sehebat sekarang yang processornya sekarang dijuluki Otak Komputer tercepat di dunia yaitu Core i7 dan Corei& Extreem yang tercepatnya.
Intel selalu memiliki inovasi terbaru dalam mengembangkan sebuah processor yang kian semakin canggih. Setelah belum lama meluncurkan kedua produk andalannya yaitu Intel Core i7 dan  i5, kini tidak membutuhkan waktu yang lama Intel sudah mengeluarkan lagi produk barunya yaitu Intel Core i3 pada tanggal 7 Januari 2010 yang lalu. Tentu saja processor ini diharapkan dapat meraih sukses besar seperti beberapa pendahulunya, yaitu i7 dan i5.
Dari setiap prosesor yang di luncurkan pasti memiliki perbedaan diantaranya.
Intel Core i3 merupakan varian paling value dibandingkan dua saudaranya yang lain. Processor ini akan mengintegrasikan GPU (Graphics Processing Unit) alias Graphics On-board didalam processornya. Kemampuan grafisnya diklaim sama dengan Intel GMA pada chipset G45. Selain itu Core i3 nantinya menggunakan manufaktur hybrid, inti processor dengan 32nm, sedangkan memory controller/graphics menggunakan 45nm. Code produk Core i3 adalah “Arrandale”.
Prosesor intel sudah mulai memakai keluarga Intel Core i. Ada yang dinamakan Core i3, Core i5, dan Core i7. Ketiganya adalah pengganti resmi dari jajaran prosesor Intel  Core2 (Core2 solo, Core2 Duo, Core2 Quad).
Begitu menarik dan pentingnya kita mengetahuin perkembangan prosesor, yang pada malakah ini penulis membahas mengenai prosesor intel core i3, yang memiliki kelebihan dan kekurangan diantara prosesor lainnya.
B.     B. Tujuan
·         Untuk mengetahui spesifikasi dari microprocessor intel core i3
·         Mengatahui cara kerja microprocessor intel core i3
·         Mengetahui struktur dari microprocessor intel core i3
·         Mengetahui kelemahan dan kelebihan dari microprocessor intel core i3
C.     C. Rumusan masalah
·         Bagaimana arsitektur dari microprocessor intel core i3?
·         Bagaiman cara kerja microprocessor intel core i3?
·         Apa kelebihan dan kekurangan dari microprocessor intel core i3?

BAB II
PEMBAHASAN
A.     Mengenal Microprocessor Intel Core i3
Intel Core i3 merupakan varian paling value dibandingkan dua saudaranya yang lain. Processor ini akan mengintegrasikan GPU (Graphics Processing Unit) alias Graphics On-board didalam processornya. Kemampuan grafisnya diklaim sama dengan Intel GMA pada chipset G45. Selain itu Core i3 nantinya menggunakan manufaktur hybrid, inti processor dengan 32nm, sedangkan memory controller/graphics menggunakan 45nm. Code produk Core i3 adalah “Arrandale”. Berikut Tabel Detail :

Description: C:\Users\Mika Teranoes\Downloads\core i3\Ini dia perbedaan Processor Intel Core i3, i5, dan i7_files\corei3benchmark.png
Gambar 2.1 Tabel Detail Code Produk Mikroprocessor Intel Core i3
Arrandale adalah code name untuk processor intel, khususnya pada produk untuk seri Intel Core i5, Intel Core i3 dan Intel Core i7. Ia menggunakan dual core die yang berbasiskan pabrikasi 32 nm. Arrandale juga sudah memiliki GPU terintegrasi di dalamnya, begitu juga dengan PCI Express dan DMI Links yang juga terintegrasi di dalam processor tersebut.
Sejarahnya, Arrandale adalah suksesor dari microarchitecture berbasis Penryn, dimana
processor dengan pabrikasi 45 nm. Penryn digunakan untuk processor mobile milik Intel, seperti Intel Core 2, celeron dan Pentium Dual Core.
Core i3 ini, yaitu untuk desktop processor dan mobile processor (notebook). Terkadang, banyak orang salah paham akan pengertian dari embel-embel core i3, yang berarti memiliki 3 inti core (tergantung nilai di belakang huruf i). Itu semua salah besar. Core I hanyalah sebuah penamaan saja yang diberikan untuk pabrikan processor yang diluncurkan baru-baru ini. Sampai sekarang ini inti core paling banyak hanya baru sampai  sebanyak 4 inti core untuk satu processor. Hanya saja semakin ditingkatkan peforma kecepatan frekuensinya dan juga memory cache-nya yang sudah mencapai L3 cache.
Intel Core i3 untuk tipe desktop menggunakan omputeritecture yang diberi codename Clarkdale, yang memilki L3 cache sebesar 4 Mb, dengan Thermal Design Power (TDP) sebesar 74 watt. Core i3 memiliki core processor sebanyak dua. Socket yang digunakan masih socket LGA 1156, sama dengan yang digunakan untuk processor Intel i5. Teknologi tambahan yang “diinjeksikan” pada processor  Intel i3  ini adalah di dalam processornya sudah terdapat atau dengan kata lain sudah terintegrasi dengan GPU (Graphical Processing Unit). Jadi omputer akan tetap bisa menyala dan menghasilkan gambar tanpa adanya VGA card. Dan bahkan mungkin bisa memainkan game-game 3D tanpa perlu “kerja keras” GPU dari VGA card.
Untuk jenis Intel Core i3 yang digunakan pada notebook, ia menggunakan microarchitecture dengan codename Arrandale. Core i3 versi mobile ini memiliki L3 cache sebesar 3 Mb dan TDP yang jauh lebih kecil, yaitu hanya 35 watt. Dan tentu saja masih memiliki core processor yang sama, yaitu dua buah core dengan integrasi GPUnya. Socket yang digunakan µPGA-989. Intel Core i3 versi mobile ini spesifikasinya sama dengan Intel Core i5-4xx, namun untuk Core i3 berjalan pada clock yang lebih rendah tanpa adanya teknologi Turbo Boost yang dimiliki oleh Intel Core i5.
Semakin banyak  processor yang hadir di pasaran, tentunya dengan kemampuan yang lebih baik dan harga yang bisa ditekan serendah mungkin. Saat ini banyak pilihan, bukan dari pabrikan Intel saja, namun AMD juga ikut bersaing di pasar processor ini. Sekarang kita bisa menjumpai processor yang memiliki teknologi dual core dengan kisaran harga 500 ribuan saja dengan kecepatan yang lumayan besar. Dengan begitu, walaupun kita hanya memiliki budget yang tipis dan terbatas, kita masih bisa membeli dan merakit sebuah perangkat PC. Menurut saya hal itu tentu sangat baik, supaya makin banyak masyarakat Indonesia  yang “melek” teknologi.
B.     Spesifikasi Microprocessor Intel Core i3
Jenis ini memang turunan dari versi-versi sebelumnya. Hanya saja oleh Intel disederhanakan agar harga processor ini sesuai dengan budget kita. Berbeda dengan versi sebelumnya. Versi yang satu ini memang dirancang untuk komputermen yang budgetnya kurang, tanpa harus mengurangi spesifikasi yang ada di dalamnya. Intel Core i3 memiliki 3,06 GHz/2,93 Ghz. Jumlah velocity yang cukup besar. Harga yang ditawarkan beragam. Tergantung seri atau typenya.
Pada i3 memiliki spesifikasi,
·         3.06 GHz and 2.93 GHz core speeds
·         Four processing threads
·         4 MB of Intel® Smart Cache
·         Two channels of DDR3 1333 MHz memory

C.     Cara Kerja Microprocessor Intel Core i3
Meski tidak dilengkapi Turbo boost, performa Core i3 tetap memikat. Hyper-threading membuat kemampuannya dapat dipakai secara maksimal. VGA-nya pun sudah lebih dapat diandalkan dibandingkan VGA onboard terdahulu. Jika dana Anda terbatas namun menginginkan performa dari arsitektur terbaik Intel, Core i3 adalah pilihan yang jauh lebih unggul dibandingkan Core2 Duo.
Core i3 seri 500 adalah seri produk yang paling mendasar antara prosesor baru yang ditawarkan oleh Intel. Core-i3Core i3 seri 500 adalah prosesor 32nm yang juga didasari dari desain Clarkdale, dual core, memiliki hyper-threading dan dukungan virtualisasi, tetapi tidak memiliki Turbo Boost. Kinerja produk Core i3 seri 500 secara kasar setara dengan kinerja produk Core 2 Quad seperti Q6600. Semua produk Core i3 seri 500 menggunakan soket LGA1156 dan akan masuk ke setiap motherboard dengan socket tersebut. Beberapa motherboard P55 yang lebih tua mungkin memerlukan sebuah flash BIOS. Selain itu, kartu grafis akan diperlukan untuk sebuah konfigurasi P55-i3/500.
Meski tidak dilengkapi Turbo boost, performa Core i3 tetap memikat. Hyper-threading membuat kemampuannya dapat dipakai secara maksimal. VGA-nya pun sudah lebih dapat diandalkan dibandingkan VGA onboard terdahulu. Jika dana Anda terbatas namun menginginkan performa dari arsitektur terbaik Intel, Core i3 adalah pilihan yang jauh lebih unggul dibandingkan Core2 Duo.
D.     Arsitektur Microprocessor Intel Core i3
Arsitekur core i3 menggunakan Arsitektur yang dinamakan Arsitektur Nehalem, Secara sederhana, arsitektur baru ini menawarkan performa yang lebih tinggi dengan pengaturan konsumsi daya yang jauh lebih baik. Ada beberapa hal yang merupakan keunggulan dari arsitektur Nehalem secara umum, jika dibandingkan dengan arsitektur Core sebelumnya.
Penggabungan komponen
Pada Nehalem, ada beberapa komponen yang digabungkan menjadi satu di dalam prosesor.
Hal yang paling penting adalah penggabungan pengendali memori (RAM) ke dalam prosesor. Sebelumnya, pengendali ini terletak di luar prosesor. Dengan dimasukkannya pengendali memori ke dalam prosesor, kecepatan aliran data antara prosesor dan memori menjadi lebih tinggi. Pada prosesor Core i3 M intel bahkan memasukkan VGA-nya ke dalam prosesor. Hal tersebut tentu saja membuat kemampuan VGA menjadi lebih baik dibandingkan VGA onboard terdahulu. Efisiensi daya, maksimalisasi performa Pada Core2 Duo (prosesor dengan 2 inti prosesor/2 core), jika kecepatan prosesor adalah 3 GHz, itu berarti kedua inti prosesor bekerja dengan kecepatan 3 GHz. Saat prosesor beristirahat, keduanya akan turun kecepatannya secara bersamaan juga.
Jadi, kalau ada software yang hanya bisa menggunakan 1 inti prosesor (contoh: Apple itunes), kedua inti prosesor akan bekerja pada kecepatan tertingginya (3 GHz). Satu inti prosesor bekerja mengolah data, sementara inti lainnya hanya ikut-ikutan menaikkan kecepatan tanpa mengolah data. Pada Nehalem, kondisinya berbeda. Contohnya pada Core i3 (2 inti prosesor/2 core), kondisi di atas hanya akan membuat 1 inti prosesor bekerja dan menggunakan kecepatan maksimumnya. Sementara 1 inti prosesor yang tidak terpakai akan tetap beristirahat untuk menghemat energi.

Gambar 2.2 Core ™ i5-600, I3-500 Series dan Prosesor Desktop Intel Prosesor Desktop platform Seri Diagram 6000
1.      Nehalem
Semua prosesor Intel dengan nama Core i dibangun dengan dasar arsitektur yang diberi nama Nehalem. Secara sederhana, arsitektur baru ini menawarkan performa yang lebih tinggi dengan pengaturan konsumsi daya yang jauh lebih baik. Ada beberapa hal yang merupakan keunggulan dari arsitektur Nehalem secara umum, jika dibandingkan dengan arsitektur Core sebelumnya.
Pada Nehalem, ada beberapa komponen yang digabungkan menjadi satu di dalam prosesor. Hal yang paling penting adalah penggabungan pengendali memori (RAM) ke dalam prosesor. Sebelumnya, pengendali ini terletak di luar prosesor. Dengan dimasukkannya pengendali memori ke dalam prosesor, kecepatan aliran data antara prosesor dan memori menjadi lebih tinggi. Pada prosesor Core i3 M,  Core i5 M, dan Core i7 M, Intel bahkan memasukkan VGA-nya ke dalam prosesor. Hal tersebut tentu saja membuat kemampuan VGA menjadi lebih baik dibandingkan VGA onboard terdahulu.
2.      Hyper-threading (HT)
teknologi pemaksimalan kerja prosesor tersebut dengan nama Hyper-threading (HT).cSebuah inti prosesor yang memiliki teknologi HT akan dikenal oleh Operating System (contoh: Windows7) sebagai 2 inti prosesor. Jadi, Operating System dapat memberikan 2 pekerjaan pada sebuah inti prosesor. Hal ini membuat prosesor berbasis Nehalem mampu bekerja lebih maksimal dibandingkan pendahulunya.
3.      Arrandale
Arrandale adalah kode untuk prosesor berbasis Nehalem untuk notebook yang menggunakan teknologi 32 nm dan memiliki VGA terintegrasi di dalam prosesor. Saat ini, Arrandale hanya memiliki jumlah inti prosesor maksimum 2 (dual core). Akan tetapi, performanya tetap tinggi dan suhu kerjanya cenderung lebih dingin dibandingkan Core i7.
E.      Kelemahan Dan Kelebihan Microprocessor Intel Core i3
1.      Kelebihan Microprocessor Intel Core i3
·         Intel Hyper Threading : Memberikan user 4-way dan 8-way dalam pemrosesan multitask yang mengijinkan setiap core pada prosessor untuk bekerja pada 2 pekerjaan sekaligus dalam waktu yang bersamaan. ( Pada Core i3, i5 dan i7 )
·         Intel HD Graphics : Grafik yang sudah high definition. Dibandingkan dengan Intel Graphics pada Core 2 Duo, Pada core-i grafiknya sudah jauh lebih bagus karena sudah HD. ( Pada Core i3, i5 dan i7 )
·         Maksimum Memory pada RAM hingga 16GB ( Maksimum memory tergantung dari masing – masing tipe processor )
·         Sudah Menggunakan module DDR3 dengan FSB 1066 MHz
·         Core i3 = Pada core i3 hanya memiliki 2 Core, Hyperthreading ( 4 Way )
Hal yang akan Anda rasakan pada penggunaan desktop Anda apabila menggunakan Proccesor ini adalah:
·         Desktop Anda akan terasa lebih dingin dan tidak cepat panas.
·         Install program berat jadi mudah dan cepat
·         Kecepatannya seperti berjalan 4 processor core
·         Jarang akan adanya hang computer
·         Daya listrik yang Anda gunakan lebih rendah
2.      Kelemahan Microprocessor Intel Core i3
·         tidak dilengkapi Turbo boost, Turbo boost Kemampuan ini adalah fitur unggulan dari sebagian besar prosesor dengan teknologi Nehalem. Ide dasarnya adalah HUGI (Hurry Up and Get Idle). Teorinya adalah jika sebuah pekerjaan diselesaikan lebih cepat, prosesor akan bisa beristirahat lebih cepat dan menghemat lebih banyak energi.


BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Intel Core i3 merupakan varian paling value dibandingkan dua saudaranya yang lain. Processor ini akan mengintegrasikan GPU (Graphics Processing Unit) alias Graphics On-board didalam processornya. Kemampuan grafisnya diklaim sama dengan Intel GMA pada chipset G45. Selain itu Core i3 nantinya menggunakan manufaktur hybrid, inti processor dengan 32nm, sedangkan memory controller/graphics menggunakan 45nm. Code produk Core i3 adalah “Arrandale”.
Arrandale adalah code name untuk processor intel, khususnya pada produk untuk seri Intel Core i5, Intel Core i3 dan Intel Core i7. Ia menggunakan dual core die yang berbasiskan pabrikasi 32 nm. Arrandale juga sudah memiliki GPU terintegrasi di dalamnya, begitu juga dengan PCI Express dan DMI Links yang juga terintegrasi di dalam processor tersebut.
B.     Saran
Penulis menyarankan kepada pembaca khususnya kepada penulis sendiri, untuk lebih mengenal Microprocessor dari generasi ke generasi kerena itu merupakan awal untuk mengetahui dunia computer, dan perluhnya pempelajari microprocessor serta perkembangannya, karena pada setiap perkembangannya memiliki perbedaan yang perluh untuk  di ketahui. dan karena begitu pesat nya kemajuan pada bidang teknilogi informatika, maka perkembangan microprocessor pun sangat pesat.
DAFTAR PUSTAKA
http://blog.ub.ac.id/ranarafsanzani/
http://www.intel.com/id_ID/products/processors/core-family.htm
http://yudha08.blogspot.com/2010/10/cara-kerja-prosessor-single-coredual.html
http://www.intel.com/content/www/us/en/processors/core/core-i3-processor.html
http://roomantik.blogspot.com/2011/09/processor-intel-core-i3-core-i5-dan.html
http://lenovozone.blogspot.com/2011/02/apa-kelebihan-processor-intel-core-i3.html










Tidak ada komentar:

Posting Komentar